Manfaat kunyit untuk kesehatan

Manfaat kunyit untuk kesehatan

Manfaat kunyit untuk kesehatan – Kunyit (Curcuma longa), bumbu kuning cerah yang digunakan di seluruh Asia selama berabad-abad, dalam beberapa dekade terakhir telah dianut oleh Barat, tidak hanya karena kemampuannya untuk memuaskan selera kita akan kari, tetapi juga karena daftar manfaat kesehatannya yang mengesankan. Kunyit secara harfiah, barang panas.

Tumbuh dari akarnya, kunyit memiliki sejarah penggunaan kuno dalam memasak, mewarnai kain, kosmetik dan pengobatan tradisional di Cina dan India.

Curcumin adalah pigmen yang ditemukan dalam kunyit yang tidak hanya memberikan karakteristik warna cerah, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Ini termasuk efek antibakteri, antimikroba, anti-inflamasi, dan antioksidan. Karena fungsinya yang luas ini, kunyit telah dipelajari dalam kaitannya dengan radang sendi, kondisi mata, kanker, penyakit jantung, penyakit Alzheimer dan banyak lagi. idn poker

Sebagian besar penelitian yang melihat manfaat kesehatan kunyit merupakan uji coba kecil yang membuat hasilnya kurang pasti. Selain itu, banyak yang telah menggunakan berbagai olahan kunyit, terkadang dalam jenis yang tidak Anda temukan dalam bubuk kunyit, atau jumlah yang tidak ingin Anda tambahkan ke masakan! Oleh karena itu, sementara semua klaim di bawah ini telah terbukti dalam uji coba pada manusia, mereka sama sekali tidak pasti.

Kunyit adalah anti inflamasi alami natural

Peradangan adalah proses yang diperlukan dalam tubuh, karena melawan penjajah berbahaya dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan cedera. Namun, peradangan jangka panjang telah terlibat dalam sebagian besar kondisi kronis seperti penyakit jantung dan kanker, jadi harus dikontrol, di situlah senyawa anti-inflamasi masuk. Curcumin dalam kunyit telah terbukti, sifat anti-inflamasi yang kuat yang menghalangi aksi molekul inflamasi dalam tubuh. Studi menunjukkan efek positif Curcumin pada orang yang menderita kondisi seperti rheumatoid arthritis dan penyakit radang usus, antara lain.

Kunyit adalah antioksidan kuat

Curcumin telah terbukti menjadi pemulung radikal bebas oksigen yang kuat, yang merupakan molekul aktif secara kimia yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh. Kerusakan radikal bebas, bersama dengan peradangan, adalah pendorong utama penyakit kardiovaskular, sehingga Curcumin dapat berperan dalam mencegah dan mengelola penyakit jantung. Selain efek antioksidan, kunyit juga telah terbukti menurunkan kolesterol dan trigliserida pada orang yang berisiko penyakit jantung, dan dapat meningkatkan tekanan darah.

Antioksidan dalam kunyit juga dapat mengurangi risiko katarak, glaukoma, dan degenerasi makula.

Kunyit memiliki efek anti kanker

Banyak penelitian pada manusia dan hewan telah mengeksplorasi pengaruh kunyit terhadap kanker, dan banyak yang menemukan bahwa kunyit dapat mempengaruhi pembentukan, pertumbuhan dan perkembangan kanker pada tingkat molekuler. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat mengurangi penyebaran kanker dan dapat berkontribusi pada kematian sel kanker pada berbagai jenis kanker, dan dapat mengurangi efek samping negatif dari kemoterapi.

Kunyit bisa jadi makanan otak

Ada semakin banyak bukti bahwa Curcumin dapat melintasi penghalang darah-otak dan dapat membantu melindungi terhadap penyakit Alzheimer. Ia bekerja untuk mengurangi peradangan serta penumpukan plak protein di otak yang merupakan ciri khas penderita penyakit Alzheimer. Ada beberapa bukti bahwa Curcumin dapat membantu dalam depresi dan gangguan mood. Suplemen kunyit menurunkan gejala depresi dan kecemasan dan skor depresi dalam beberapa percobaan.

Sementara sebagian besar penelitian saat ini sedang dilakukan di laboratorium atau pada hewan, hasilnya menggembirakan, dan rempah-rempah yang luar biasa ini akan terus diselidiki sebagai alat yang ampuh dalam meningkatkan kesehatan kita. Dan itu alasan yang bagus untuk membuat kari!

Mendapatkan hasil maksimal dari kunyit

Manfaat kunyit untuk kesehatan

Kunci untuk memanfaatkan manfaat kesehatan dari Kunyit mungkin terletak pada cara Anda mengonsumsinya. Menggabungkan kunyit dengan lada hitam telah terbukti meningkatkan penyerapan Curcumin hingga 2000%. Penelitian lain menunjukkan kombinasi dengan lemak, seperti minyak zaitun atau minyak lobak, juga dapat meningkatkan penyerapan.

Jadi sementara ada banyak klaim tentang khasiat penyembuhan dan manfaat kesehatan dari Kunyit, juri masih belum tahu seberapa benar hal ini. Klaim boros seperti ‘Kunyit dapat menyembuhkan Kanker’ harus diambil dengan sedikit garam. Jika kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang begitu.