Diet yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

Diet yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

Diet yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol – Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, Anda mungkin pernah mendengar betapa pentingnya diet sehat untuk membantu menurunkannya. Meskipun Anda ingin mendapatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL, atau “baik”) dari makanan Anda, tubuh Anda sebenarnya memproduksi semua kolesterol low-density lipoprotein (LDL, atau “jahat”) yang dibutuhkannya sendiri, menurut Asosiasi Jantung Amerika.

Tapi diet khas Barat dipenuhi dengan sumber LDL dan trigliserida, lemak yang ditemukan dalam darah. Jadi jika Anda makan terlalu banyak, itu bisa mendorong kolesterol Anda ke kisaran yang tidak sehat.

Tentu saja, ada faktor lain yang berkontribusi terhadap kolesterol tinggi, seperti genetika. Tetapi diet Anda ada dalam kendali Anda, dan diet rendah kolesterol yang bergizi dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan Anda secara keseluruhan. bandar ceme

“Diet Anda sangat penting dalam mengelola risiko penyakit jantung,” jelas Megan Porter, RD, LD, seorang pendidik diabetes bersertifikat yang berbasis di Portland, Oregon. “Ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi atau membantu menjaga kadar kolesterol sehat sepanjang hidup Anda.”

Diet Terbukti Membantu Menurunkan Kolesterol

Diet berikut ini bukanlah “diet” dalam arti membatasi asupan makanan Anda atau merasa lapar sepanjang waktu, tetapi rencana makan yang menekankan kelompok makanan sehat tertentu daripada pilihan yang kurang sehat. Penelitian ilmiah juga telah membuktikan bahwa mereka sangat membantu dalam hal menurunkan kolesterol.

Jika Anda ingin mengelola kolesterol tinggi, pertimbangkan untuk mengikuti salah satu dari rencana makan ini.

Diet Mediterania

“Diet ini berlimpah dalam makanan nabati yang diproses minimal [dan] lemak tak jenuh tunggal (sehat) dari minyak zaitun, tetapi lebih rendah lemak jenuh, daging, dan produk susu. Ini juga memungkinkan anggur merah dalam jumlah kecil”, kata Porter.

Sebuah tinjauan studi diet Mediterania yang diterbitkan pada Februari 2019 dalam jurnal Circulation Research menyebutkan bahwa diet dapat membantu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL. “Manfaat kesehatan jantung diperkirakan sebagian besar disebabkan oleh efek anti-inflamasi diet,” catat Porter.

Jika Anda ingin mencoba diet ini, fokuslah pada buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, dengan makanan laut, protein tanpa lemak, dan susu dalam jumlah sedang.

Diet DASH

Diet Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) dirancang untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan juga dapat membantu menurunkan kolesterol Anda. Ini mirip dengan diet Mediterania dalam fokusnya pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, unggas, dan kacang-kacangan tetapi juga menekankan pengurangan asupan garam untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada April 2019 di The American Journal of Preventive Medicine, mengikuti diet DASH dikaitkan dengan risiko gagal jantung 40 persen lebih rendah.

Diet TLC

Diet Therapeutic Lifestyle Changes (TLC) dirancang oleh Program Pendidikan Kolesterol Nasional Institut Kesehatan Nasional untuk membantu menurunkan kolesterol. “Ini bukan hanya diet; ini adalah pendekatan gaya hidup komprehensif yang mencakup rekomendasi diet spesifik, manajemen berat badan, dan peningkatan aktivitas fisik,” jelas Porter.

Diet TLC berfokus pada biji-bijian, sayuran, buah-buahan, susu, dan protein tanpa lemak terbatas sebagai pengganti makanan tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total, seperti daging olahan, kue kering, dan mentega. “Diet TLC telah terbukti memiliki efek menurunkan kolesterol LDL, trigliserida, tekanan darah, dan berat badan seseorang,” kata Porter.

Karena diet Mediterania, DASH, dan TLC serupa, dokter atau ahli diet Anda dapat membantu Anda memutuskan mana yang paling bermanfaat bagi Anda.

Diet vegetarian

Diet yang Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

Diet vegetarian berfokus pada biji-bijian, susu, telur, buah-buahan, sayuran, produk kedelai, dan kacang-kacangan, tanpa konsumsi daging, unggas, atau makanan laut. “Diet vegetarian, ketika dimakan dalam jangka waktu lama, dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan, penurunan kolesterol, dan tekanan darah rendah,” kata Porter.

Sebuah studi yang diterbitkan pada November 2017 dalam jurnal Critical Review in Food Science and Nutrition menemukan bahwa diet vegetarian mengurangi kolesterol dan menurunkan risiko kematian akibat penyakit arteri koroner sebesar 25 persen.

Diet Vegan

Pola makan vegan adalah pola makan vegetarian dikurangi semua produk hewani, termasuk telur, susu, gelatin, dan whey. “Diet vegan telah dikaitkan dengan manfaat penurunan berat badan selain pengurangan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kematian dini,” kata Porter.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Desember 2018 di jurnal PLoS One menemukan bahwa vegan memiliki kadar LDL dan trigliserida yang lebih rendah daripada orang yang makan daging.

Jika Anda ingin mencoba diet vegetarian atau vegan, akan sangat membantu jika Anda bekerja sama dengan ahli diet saat Anda memulai. Mereka dapat mendidik Anda tentang kombinasi makanan yang tepat untuk mendapatkan protein, kalsium, dan zat besi yang cukup dalam makanan Anda.

Mengikuti salah satu dari diet sehat ini adalah perubahan gaya hidup — yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan membantu Anda merasa lebih sehat sambil tetap kenyang dan puas.