Mengetahui Tentang Komplikasi Operasi Katarak 1

Mengetahui Tentang Komplikasi Operasi Katarak 1

Mengetahui Tentang Komplikasi Operasi Katarak 1 – Tubuh dipenuhi dengan semua jenis protein yang membentuk jaringan, otot, dan bahkan darah Anda. Seiring waktu atau dengan cedera tertentu, beberapa protein ini dapat menumpuk di beberapa tempat.

Ketika katarak terbentuk di mata Anda, protein memecah dan membentuk gumpalan di lensa mata, menciptakan kekeruhan yang dapat membuat penglihatan kabur atau terhalang.

Solusinya adalah operasi yang menghilangkan lensa dan menggantinya dengan lensa buatan. Ketika katarak mulai mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, dokter Anda mungkin akan merekomendasikan operasi katarak. idn play

Operasi katarak adalah prosedur rawat jalan yang sangat umum dan umumnya aman. Seperti prosedur bedah lainnya, ada beberapa risiko komplikasi.

Komplikasi umum meliputi:

  • pembengkakan
  • rasa sakit
  • infeksi
  • reaksi terhadap obat anestesi

Komplikasi dapat terjadi selama prosedur bedah apa pun. Dengan operasi katarak, ada sejumlah komplikasi spesifik yang akan menjadi perhatian dokter bedah Anda.

Sakit

Nyeri merupakan komplikasi yang diharapkan dari sebagian besar prosedur bedah. Karena operasi katarak hanya melibatkan lapisan superfisial mata Anda, obat pereda nyeri yang dijual bebas biasanya akan membantu. Jika rasa sakit berlanjut atau memburuk, hubungi dokter Anda. Ini bisa menjadi tanda komplikasi yang lebih serius.

Pendarahan

Suprachoroidal hemorrhage dapat terjadi pada penderita diabetes, tekanan darah tinggi, atau kondisi lain yang ada setelah operasi katarak. Komplikasi ini jarang terjadi tetapi membutuhkan perawatan segera untuk menghindari kehilangan penglihatan.

Infeksi

Sebagian besar prosedur membawa beberapa risiko infeksi dari alat bedah, teknik ahli bedah, atau perawatan luka setelah operasi. Endoftalmitis adalah infeksi yang mungkin Anda alami setelah operasi katarak. Namun, jarang terjadi pada kurang dari 0,5 persen operasi katarak.

Masalah penglihatan baru atau lanjutan

Dalam beberapa kasus, operasi katarak mungkin tidak efektif, dan Anda mungkin terus mengalami masalah penglihatan atau penglihatan yang lebih buruk setelah operasi. Ini jarang terjadi, tetapi lebih sering terjadi pada orang yang memiliki kondisi mata lain di luar katarak bahkan sebelum operasi. Penglihatan ganda – yang biasanya bersifat sementara – juga dapat terjadi setelah operasi mata saat otak Anda menyesuaikan diri dengan gambaran baru yang lebih jelas.

Floaters

Floaters adalah istilah yang diberikan untuk partikel kecil protein atau kolagen yang dapat melintasi bidang penglihatan Anda dan menimbulkan bayangan. Floaters tidak selalu membutuhkan perawatan tetapi terkadang bisa menjadi pertanda masalah yang lebih serius.

Mata kering atau gatal

Saat jaringan sembuh, kekeringan dan gatal biasa terjadi. Mata Anda mungkin terasa gatal, berpasir, atau kering. Dokter Anda mungkin menyarankan pelumas tetes mata untuk membantu mengatasi masalah ini. Tanyakan kepada dokter Anda kapan harus menggunakan obat tetes mata setelah operasi.

Reaksi alergi

Penggunaan anestesi umum untuk operasi katarak jarang terjadi, dan biasanya hanya pada kasus anak. Biasanya, anestesi topikal yang diberikan dengan obat tetes mata atau anestesi lokal dengan suntikan dapat digunakan untuk mematikan mata. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum operasi jika Anda memiliki alergi obat.

Peradangan

Mengetahui Tentang Komplikasi Operasi Katarak 1

Meskipun tidak dilihat sebagai komplikasi yang sebenarnya, melainkan hasil yang diharapkan, “sel dan suar” adalah peradangan yang disebabkan oleh sedikit trauma pada mata setelah operasi. Ketika ahli bedah Anda melakukan kontak dengan mata Anda, sejumlah kecil sel darah putih atau protein dapat menumpuk di ruang depan mata, menciptakan penglihatan kabur atau sensitivitas cahaya. Kondisi ini biasanya bersifat sementara dan dapat diobati dengan steroid topikal.

Edema kornea

Sekali lagi, ini adalah hasil yang diharapkan dari operasi, tetapi yang dapat menimbulkan kekhawatiran. Pembengkakan pada kornea dapat terjadi di mana saja setelah operasi, tetapi biasanya di tempat sayatan. Kondisi ini dapat diobati dengan steroid topikal yang akan mengurangi pembengkakan.

Peningkatan tekanan

Hingga setengah dari mereka yang menjalani operasi katarak akan mengalami peningkatan tekanan di mata mereka setelah prosedur, tetapi tingkat tekanan biasanya kembali normal dalam waktu 24 jam. Masalah berkelanjutan dengan peningkatan atau penurunan tekanan mata setelah operasi mungkin terkait dengan kondisi mata lainnya, seperti glaukoma.